Senin, 24 Desember 2012

DAPUR DAN PANTRI

Dapur adalah ruangan yang di gunakan untuk memasak dan menyiapkan makanan. itu defenisi umum dapur nah jaman semakin berkembang pesat di negara barat, hunian yang memiliki dapur berubah menjadi serba wah di sebut juga dapur modern

Dapur ternyata menyimpan sejuta cerita. Tak hanya sebagai tempat memasak makanan, di masa lalu, dapur juga menjadi salah satu simbol keagamaan. Setidaknya, pemahaman yang mengaitkan dapur dengan mitos religius ini berkembang di abad ke-5 saat bangunan dapur mulai dikenal masyarakat.

Dapur masyarakat Romawi kuno dikenal paling lengkap. Di masa itu, dapur sudah dilengkapi dengan peralatan masak-memasak, tempat cuci gerabah, juga kaki tiga penyangga wadah. Di Abad Pertengahan, dapur juga menjadi ruangan penting dalam sebuah rumah. Di sinilah setiap hari berlangsung aktivitas mensuplai makanan seluruh anggota keluarga.

ini prbedaan dapur dimasa lampau dan dapur yang sedang berkembang di saat ini 
                                                                                                                                        











Sedangkan dapur modern di Eropa mulai dikenal pada abad ke-19. Saat itu memang terjadi revolusi kuliner yang mendorong dapur ditata lebih mewah. Saat itu, tampilan tata letak dapur, lebih mirip dengan laboratorium di pusat-pusat studi. Dekorasi indah peninggalan zaman renaissance ikut menjadikan dapur Eropa di abad ke-19 tampil lebih mewah.

Kini, setelah listrik ditemukan, dapur kembali mengalami perubahan pesat. Dari semula hanya dilengkapi perabotan yang dioperasikan secara manusal, dapur saat ini penuh dengan peralatan canggih berbasis listrik. Tak hanya itu, dapur yang mulanya ditempatkan di bagian belakang bangunan rumah, saat ini mulai banyak dapur yang posisinya gandeng dengan ruang tengah.


            




0 komentar: